Senin, 11 Maret 2013

Contoh Karya Tulis ( Laporan Perjalanan)




KARYA TULIS WIDYAWISATA
SMP NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL
21 – 23 JANUARI 2012


Karya Tulis ini Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mengikuti
Ujian Sekolah dan Ujian Nasional di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul
Tahun  ajaran 2011 / 2012


Disusun oleh :
Damianus Mandar Tyastoto
Kelas : VIII C
No. : 11


SMP NEGERI 2 PLAYEN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN GUNUNGKIDUL
2012


i
PENGESAHAN

KARYA TULIS WIDYAWISATA
SMP NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL
21 – 23 JANUARI 2012

Telah diperiksa, disetujui, dan disahkan :
Hari            : ……………………………...
Tanggal       : ……………………………...
Tempat        : SMP NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL

Disetujui oleh :
Pembimbing,

Astungkoro Wibowo, S. Pd
NIP


Wali Kelas,

Ag. Margi Winarni, S. Pd
NIP


Mengetahui / Mengesahkan :
Kepala Sekolah,

Syarifatul Hidayah,S. Pd
NIP 19710716 199702 2 001



ii
MOTTO
§  Jangan mengulang kesalahan yang sama.
§  Gunakanlah waktu sebaik-baiknya karena waktu tak akan pernah terulang.
§  Kejujuran merupakan kunci keberhasilan.
§  Kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda.
§  Jangan menyerah sebelum mencoba.
§  Tiada hal yang lebih hebat, yang tercipta secara tiba-tiba.
§  Kegagalan dan keberhasilan adalah suatu pilihan.
§  Jadi diri sendiri, cari jati diri, dan dapatkan hidup yang mandiri.
§  Optimis, karena hidup terus mengalir dan kehidupan terus berputar.
§  Sesekali melihat ke belakang untuk melanjutkan perjalanan yang tak berujung.
§  Berangkat dengan penuh keyakinan.
§  Berjalan dengan penuh keikhlasan.
§  Tiada hari tanpa belajar.
§  Disiplin dalam bertugas, Dewasa dalam bertindak, Dinamis dalam kegiatan.
§  Kegagalan adalah cambuk untuk maju dan mengejar ketinggalan.
§  Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.
§  Perjalanan menuju kesuksesan haruslah kita ikuti dengan do’a dan usaha.
§  Segudang tatanan kutempuh setulus hati dengan senyuman.




iii

PERSEMBAHAN
Karya tulis yang sangat sederhana ini kupersembahkan kepada:
Bapak dan Ibu guruku
Bapak dan Ibuku
Sahabat-sahabatku
Teman-temanku
Sekolahku
Kakak dan adikku
Kelasku














iv
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga  saya dapat menyusun karya tulis ini.
Penyusunan karya tulis ini dimaksudkan sebagai salah satu bagian persyaratan untuk mengikuti Ujian Sekolah dan Ujian Nasional di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul Tahun Ajaran 2012 / 2013
Karya tulis ini, tentunya tidak lepas dari dukungan beberapa pihak.
Untuk itu, perkenankan saya mengucapkan terimakasih kepada:
a.       Ibu Syarifatul Hidayah, S.Pd. selaku Kepala SMP N 2 Playen.
b.      Bapak Astungkoro Wibowo, S.Pd. selaku guru pembimbing
c.       Ibu Margi Winarni, S.Pd. selaku wali kelas saya.
d.      Orangtua saya, yang telah banyak memberi dukungan kepada saya.
e.       Teman-teman saya, yang telah memberikan bantuan kepada saya.
f.       Pihak-pihak lain, yang telah membantu sehingga saya dapat menyusun karya tulis ini.
Saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan karya tulis ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan kritik dan saran perbaikan demi kesempurnaan karya tulis ini.
Akhir kata, semoga  karya tulis ini bermanfaat bagi semua pihak.

                                                           
                                               
v
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………………...         i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………….         ii
MOTTO ………………………………………………………………………         iii
PERSEMBAHAN …………………………………………………………...          iv
KATA PENGANTAR …………………………………………………….....         v
DAFTAR ISI ………………………………………………………………....         vi-vii
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………        1
A.    Latar Belakang ………………………………………………………...         1
B.     Pembatasan Masalah ……………………………………………….....          1
C.     Definisi Operasional ……………………………………………….....           1
D.    Tujuan …………………………………………………………………         1
E.     Manfaat ………………………………………………………………..         2
F.      Metode ………………………………………………………………...         2
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………….....        3
A.    Pelaksanaan Kegiatan Widyawisata ………………………………….          4
B.     Obyek Widyawisata …………………………………………………..          5
1.      PP IPTEK ………………………………………………………..          5
a.       Sejarah / Riwayat …………………………………………….          6
b.      Letak / Lokasi ……………………………………………….           7
c.       Benda-benda PP IPTEK ……………………………………..          8


vi
2.      TEATER KEONG EMAS ………………………………………..        9
a.       Sejarah / Riwayat ……………………………………………..         9
b.      Letak / Lokasi …………………………………………………        10
c.       Cerita Film yang diputar ……………………………………...         11
3.      MUSEUM LUBANG BUAYA …………………………………..       12
a.       Sejarah / Riwayat ……………………………………………..         13
b.      Letak / Lokasi …………………………………………………        14
c.       Macam- macam benda / bangunan ……………………………         15
C.     Hal- hal yang menarik dan tidak menarik ……………………………..         16
BAB III PENUTUP ……………………………………………......................        17
A.    Kesimpulan …………………………………………………………….        17
B.     Saran …………………………………………………………………...        18
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………….....       19
LAMPIRAN …………………………………………………………....       20










vii
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Widyawisata dilaksanakan untuk memenuhi salah satu persyaratan mengikuti Ulangan Kenaikan Kelas Tahun Ajaran 2011 / 2012, Ujian Sekolah, dan Ujian Nasional  Tahun Ajaran 2012 / 2013 di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul.
B.     Pembatasan Masalah
Mengingat bahwa Objek Wisata di Jakarta sangat banyak dan tidak mungkin kami kunjungi sekaligus. Maka dalam kegiatan widyawisata Tahun Ajaran 2011 / 2012 kali ini, kami mengunjungi beberapa objek diantaranya : Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, Keong Mas, Museum Lubang Buaya, PP Iptek, dan diakhiri dengan berbelanja di Cibaduyut (Bandung).
C.     Definisi Operasional
Pada definisi operasional ini, kita akan mengetahui arti umum karya yang saya buat. Adapun definisinya sebagai berikut.
a.       Karya Tulis      : Hasil pemikiran, pengalaman, dan cerita yang dituangkan   ke sebuah karya.
b.      Widyawisata   : Perjalanan ke luar, dalam rangka menambah ilmu pengetahuan.
D.    Tujuan
Tujuan study tour adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di sekolah-sekolah. Dan mempersiapkan diri dalam era globalisasi yang makin lama makin maju.\

1
E.     Manfaat
a.       Menambah ilmu pengetahuan, wawasan yang umum dan luas.
b.      Mengenal daerah-daerah yang indah dan dipelihara di Indonesia.
c.       Mempererat keakraban dengan teman satu sekolah.
d.      Kebersamaan yang sangat erat dan kerjasama antar kelompok.
F.      Metode
Dalam menyusun karya tulis ini saya menggunakan beberapa metode, diantaranya :
a.       Metode Observasi
Metode Observasi adalah metode dengan melihat langsung objeknya atau melihat langsung objeknya.
b.      Metode Dokumentasi
Metode Dokumentasi, adalah metode pencarian informasi dengan mencari pada sumber tertentu.










2
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pelaksanaan Kegiatan Widyawisata
Kegiatan widyawisata SMP Negeri 2 Playen dilaksanakan di Jakarta tanggal 21-23 Januari 2012. Kami berkumpul di sekolah pukul 13.00 WIB dan berangkat pukul 14.30 dengan menggunakan tiga bus pariwisata PUTRA REMAJA yang masing-masing bus terdapat siswa kelas VIII A,B,C,D dan beberapa pembimbing. Sebelum berangkaat kami diberi tanda pengenal berupa topi bertuliskan “SMP DUPLAY JOGJA” dan juga diberi pengarahan tentang tata tertib dan kegiatan yang akan dilakukan di obyek wisata.
            Di dalam perjalanan di bus dinyalakan vcd player agar para siswa senang,   tidak jenuh, dan tidak bosan. Sekitar pukul 18.00 rombongan SMP Negeri 2 Playen sampai di Rumah Makan Lestari. Di Rumah Makan Lestari kami makan malam dan setelah selesai makan malam para siswa diajak untuk kegiatan ibadah.  Setelah selesai kami melanjutkan perjalan ke Jakarta.
            Kira-kira pukul 04.30 tepatnya tanggal 22 Januari 2012   kami sudah tiba di Islamic Centre Bekasi,di situ kami beristirahat, kegiatan ibadah, dan mandi. Setelah itu kami semua kembali melanjutkan perjalanan ke tempat obyek wisata. Pertama kami pergi ke Pantai Marina Ancol, kemudian setelah dari Ancol kami menuju ke museum Lubang Buaya, Kemudian menuju ke TMII yaitu ke PP IPTEK dan Teater Keong Emas. Pulangnya kami mampir ke pusat perbelanjaan yang berada di Bandung yaitu Cibaduyut. Setelah dari Cibaduyut kami makan malam bersama dan kemudian pulang.

B.     Obyek Widyawisata
1.       PP IPTEK
a.       Sejarah / Riwayat
Pada tahun 1984 gagasan pendirian science centre di Indonesia diprakasai oleh Menristek, Prof. Dr. B.J. Habibie, dengan dibentuknya Panitia Kerja dengan SK Menistek No.15/M/Kp/IX/1984 untuk melakukan studi banding, pengkajian konsepsi dasar pembangunan, tema peragaan, system pengelolaan, serta bentuk arsitekturnya. Dibentuk Supporting Committee tahun 1987 untuk melakukan sosialisasi science centre kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pameran fisiska dan matematika di Gedung Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Fuad Hasan.
Pada tahun 1988-1990 dikembangkan 20 peragaan interaktif bidang IPA di Anjungan Istana Anak-Anak TMII, sebagai hasil kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Matematika & IPA, IKIP Jakarta. Tujuannya untuk pengenalan dan studi penjajakan animo masyarakat, ternyata kesan pengunjung sangat positif dan para remaja dapat mengenal iptek dengan lebih mudah dan nyata.
Konsep awal perencanaan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) dibantu oleh US Agency for International Development dan Asia Foundation. Sesuai dengan konsep awal tersebut, Master Plan PP-IPTEK dikembangkan oleh Tim Kementerian Ristek, PT Tripanoto Sri Konsultan, Tim dari Musee de La Villete dan Sopha Development dari Perancis.
Pada tanggal 20 April 1991, PP-IPTEK diresmikan oleh Presiden Soeharto di gedung Terminal B Skylift-TMII seluas 1.000 m2. Alat peraga merupakan sumbangan dari industri strategis, IBM, serta sebagian dibuat secara in-house dengan bantuan KIM-LIPI, LUK BPPT, dan BATAN.
PP-IPTEK menempati gedung permanen pada tanggal 10 November 1995, yang berlokasi di poros utama kompleks TMII menghadap Plaza Perdamaian Monumen KTT Non-Blok. Filosofi konsep desain bangunannya futuristic, menjelajah tanpa batas, dengan luas bangunan 24.000 m2 dan luas area 42.300 m2. Sejak saat itu tersedia sarana pembelajaran iptek yang memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat dan mempelajari rahasia dan gejala alam yang diperagakan, mempelajari dengan menggunakan indera pendengar, pencium, dan peraba melalui manipulasi, operasi dan eksperimen. Melalui peragaan dan program, pengunjung diberi kesempatan untuk menjajagi fenomena dan khasanah iptek secara mandiri, kelompok, dan keluarga, agar memberi inspirasi dalam meningkatkan daya kretivitas dan inovasi.

b.      Letak / Lokasi
Gedung PP IPTEK terletak di poros utama kompleks TMII menghadap Plaza Perdamaian Monumen KTT Non-Blok. Filosofi konsep desain bangunannya futuristic, menjelajah tanpa batas, dengan luas bagunannya 24.000 m2 dan luas area 42.000 m2 .
c.       Benda-benda PP IPTEK
Di PP IPTEK semua alat peraga memang dibuat untuk bisa digunakan dan dipergakan langsung sehingga para pengunjung yang kebanyakan pelajar bisa lebih mudah memahaminya dan dapat langsung memainkannya.
Alat peraga yang tersedia di PP IPTEK jumlahnya mencapai 250 alat interaktif yang terbagi di 13 wahana. Tambahan 25 alat yang semuanya dibuat sendiri. Pokoknya semua alat yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan ada di sana, baik itu tentang fisika metematika, listrik, magnet, antariksa, energi, Galileo, mekanika transportasi, dan discovery room. Karena benda – benda PP Iptek terlalu banyak maka akan dibahas beberapa saja, diantaranya :
·         Pancuran Cahaya dan Pelampung Elektronik
Pancuran Cahaya memanfaatkan prinsip serat optik yang terdiri dari sebuah laser sebagai sumber cahaya yang ditempatkan sejajar dengan pancuran bak air, bak atas serta bak bawah. Yang menampilkan fenomena rambatan cahaya laser pada aliran pancuran air dari bak tersebut. Prinsip ini merupakan prinsip yang sama dengan serat optik yang dapat menghantarkan data dari satu ujung kabel serat ke ujung kabel lain, karena indeks bias air lebih tinggi dari indeks bias udara dan sudut pancuran air landai.
Pelampung Elektronik bekerja berdasarkan ketinggian level air. Terdiri dari sebuah pompa, tiga buah batang logam, sebuah sensor, rangkaian kontroler elektronik, bak atas serta bak bawah.
·         Tsunami Corner dan Simulasi Gempa
Ada Tsunami Corner, yang akan memberi informasi mengenal tsunami lengkap dengan video.
Menariknya di PP IPTEK kita juga bisa mempelajari simulasi gempa, karena ada satu alat peraga yang dibuat untuk gempa.


2.      TEATER KEONG EMAS
a.       Sejarah / Riwayat
b.      Letak / Lokasi
c.       Cerita Film yang diputar

3.      MUSEUM LUBANG BUAYA
a.       Sejarah / Riwayat
Perjuangan rakyat Indonesia mencapai klimaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan dikumandangkannya Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sejak itu lahirlah Pancasila dan UUD1945. Perjalanan sejarah Republik Indonesia telah mengalami berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan pemberotakan yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa yang bertujuan merombak bahkan mengganti Dasar Negara Pancasila antara lain dengan ideologi komunis yang bertentangan dengan Pancasila.
 Usaha-usaha untuk menerapkan ideologi komunis di Indonesia tidak pernah berhenti walau mendapat tantangan dan rintangan. Para kader PKI melakukan berbagai cara, baik legal maupun illegal untuk mencapai cita-cita mereka yaitu masyarakat Indonesia yang komunis. ca
b.      Letak / Lokasi
Monumen Pancasila Sakti dibangun diareal tanah seluas kurang selebihnya 14 Ha, terletak di Desa Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Lokasi Monumen Pancasila Sakti berbatasan sebelah selatan dengan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Cilangkap, sebelah utara Lanuma Halim Perdanakusuma, sebelah timur pasar Pondok Gede/ Bekasi dan sebelah barat Taman Mina Indonesia Indah/Asrama Haji Indonesia Pondok Gede.
c.       Macam-macam benda / bangunan

C.     Hal – hal Menarik dan Tidak Menarik
1.      Hal menarik yang kami rasakan :
a.       Mendapat fasilitas bus yang layak
b.      Pemandangan disepanjang perjalanan
c.       Memperoleh banyak wawasan
d.       
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

                                                                                                        
Musso Ditembak Mati

Panser PCMK-2

Pemberontakan di Madiun

Penangkapan Amir Sjarifuddin

Penangkapan D.N. Aidit

Pengacuan Surakarta

Peristiwa Revolusi

Proses Lahirnya Sura

Serangan PKI ke Asrama Polisi di Tanjung Priok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar